Namecheap

Selasa, 23 Juni 2015

Sentuh gambar masjid nya !

Sentuh gambar masjid nya !




from One Day One Juz's Facebook Wall

Timeline Photos
Kominex 919/04/06/2015 Tanggal : 18 Juni 2015 Perihal : Grand Launching Kalqulus Tujuan : ODOJers Surabaya, Sidoarjo dan Umum #################### Assalamu'alaikum Wr. Wb. ODOJ DPA Surabaya & DPA Sidoarjo mengundang ODOJers dan Umum untuk hadir dalam acara Grand Launching Kajian Al Quran ala Ustadz (Kalqulus). In Syaa Allah dilaksanakan pada: Hari : Ahad Tanggal : 28 Juni 2015 Waktu : 12.00-18.00 WIB Tempat : Masjid Al Hidayah Jl. A. Yani, No. 55 Gedangan Sidoarjo •Tema• Perbanyak Tilawah Perdalam Makna •Pemateri• Ustdz Hasan Muhammad (dari Radio Suara Muslim Surabaya) •Susunan Acara• 1. Khataman Al Quran 2. Prosesi grand launching Kalqulus 3. Kajian tafsir Al Quran 4. Santunan anak yatim 5. Buka puasa bersama Format pendaftaran : GLK_Nama_L/P_Domisili_Grup ODOJ/Umum_No. Hp Kirim melalui SMS/WA ke: Ikhwan : 08983807055 (Doni) Akhwat : 087757117159 (kiki) Catatan: 1. Peserta membawa Al Quran 2. Mengenakan pakaian syari 3. Terbuka untuk umum dan gratis Jazakumullah khairan katsiran. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. -ODOJ DPA Surabaya & DPA Sidoarjo- #08a4# — with Anugrah Prastyo and 42 others.

from One Day One Juz's Facebook Wall

Mari semarakkan..... #RAMADHAN BERSAMA ODOJ Kota Serang# Hari tanggal : Ahad,...

Mari semarakkan.....

#RAMADHAN BERSAMA ODOJ Kota Serang#

Hari tanggal : Ahad, 5 Juli 2015
Tempat: Pendopo Masjid Agung Kota Serang
Waktu: 15.30 s.d. selesai

Rangkaian acara:
1. Lounching Kajian Al Qur'an Ala Ustadz (Kalqulus)
2. Penggalangan dana untuk Rohingya
3. Santunan 150 Anak Yatim dan Dhuafa
4. Buka Bersama

Dimeriahkan: Lomba Mewarnai untuk usia 3-5 tahun mulai pukul 13.30 WIB
Pendaftaran ditutup 2 Juli 2015

Lebih lanjut hubungi:
Bunda Novi 087871555696
Umi Refine 085945622143




from One Day One Juz's Facebook Wall

Islamic Parenting : Pesan Rasullullah tentang Tata Cara Mendidik Anak Ditulis ol...

Islamic Parenting : Pesan Rasullullah tentang Tata Cara Mendidik Anak
Ditulis oleh Rahayu Pawitri

Sebagai Muslim adalah kewajiban kita untuk mengikuti petunjuk Nabi di setiap segi kehidupan kita. Terlebih tentang tata cara mendidik anak.

http://ift.tt/1J1Agcr


Mendidik Anak Menurut Pesan Rasullullah - Islamic Parenting
id.theasianparent.com
Sebagai Muslim adalah kewajiban kita untuk mengikuti petunjuk Nabi di setiap segi kehidupan kita. Terlebih tentang tata cara mendidik anak.

from One Day One Juz's Facebook Wall

Senin, 22 Juni 2015

Bismillah. Abis sahur, langsung tidur, subuh goodbye. Siang hari, tidur lagi, D...

Bismillah.

Abis sahur, langsung tidur, subuh goodbye.
Siang hari, tidur lagi, Dzuhur lewat.
Sore hari, cape kerja/kegiatan, ashar pun mbablas coz tidur lagi.
Melek meleknya pas mau maghrib nunggu buka, Baru dah sholat maghrib.
Udah buka kan kenyang tuh, nah pas isya ngantuk deh.
Terpaksa taraweh ngebut kayak pas tu perius....

Masyaallah,,, Guys, meskipun kita udah sholat, nggak ngejamin juga kita masuk surga. Tapi kalo yang udah sholat aja nggak ngejamin masuk surga, trus kalo yang nggak sholat? Masuk mana donk??? Siapa yang jamin?

padahal nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Sesungguhnya ( batas pemisah ) antara seseorang dengan kemusyrikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” ( HR. muslim)

“Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat, barang siapa yang meninggalkannya maka benar benar ia telah kafir.” ( HR. Abu Daud, Turmudzi, An Nasai, Ibnu Majah dan Imam Ahmad )

Naudzibillah tsumma naudzubillah.

Mudah mudahan kita nggak termasuk apa yang dibilang nabi ya guys....
Raih ramadhan 1436H ini berkah ya guys dengan menjaga shalat kita diawal waktu.

Bekasi, ramadhan 1436H
Achmad irviansyah & Aishya Fitry
Tsurayya corner

jazakumullahu ahsanal jaza




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kominex 937/04/06/2015 Tanggal : 20 Juni 2015 Perihal : Grand Launching Kalqul...

Kominex 937/04/06/2015
Tanggal : 20 Juni 2015
Perihal : Grand Launching Kalqulus
Tujuan : ODOJers Tangerang Kota dan Umum

####################

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kalqulus (Kajian Al Quran ala Ustad) adalah kajian tafsir Al Quran untuk menambah ilmu dan pemahaman Al Quran dengan mempelajari kandungan isinya sebagai bentuk tadabbur setelah istiqomah bertilawah satu hari satu juz.

DPA ODOJ Tangerang Kota mengundang ODOJers Kota Tangerang dan Umum untuk hadir dalam acara Grand Launching Kalqulus.

In Syaa Allah akan dilaksanakan pada:
Hari : Ahad
Tanggal : 28 Juni 2015
Waktu : 13.00 WIB-selesai
Tempat : Masjid Agung Al-Ittihad, Jln. Ki Samaun 1 Sukasari Tangerang (seberang Stasiun Kereta Api Tangerang)

•Tema•
Perbanyak Tilawah Perdalam Makna

•Pemateri•
Ust. H. Syamsul Arifin M. Pd.I. (Kepala Sekolah TKIT AL MUBAR dan Pengajar PAI SMA 3 Tangerang)

•Agenda•
1. Khataman Quran
2. Materi Kalqulus
3. Berbagi Takjil (Takjil On the Street)
4. Ifthor jama'i

Konfirmasi kehadiran SMS/WA:
Ikhwan : 085998029692 (Ending)
Akhwat : 081906111960 (Fine)

Format pendaftaran :
LK_Nama_Domisili_Grup ODOJ/Umum_No. Hp

Catatan:
1. Peserta membawa Al Quran terjemahan
2. Mengenakan pakaian syari
3. Siapkan infak terbaik

Jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
-DPA Tangerang Kota, Banten-
#2cde#

from One Day One Juz's Facebook Wall

Periksalah IkhlasMu mungkin itu asalah asap. Dari amal salihmu yang di BAKAR RIA.

Periksalah IkhlasMu mungkin itu asalah asap. Dari amal salihmu yang di BAKAR RIA.




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kominex 917/04/06/2015 Tanggal : 18 Juni 2015 Perihal : Pelatihan Pemulasaraan...

Kominex 917/04/06/2015
Tanggal : 18 Juni 2015
Perihal : Pelatihan Pemulasaraan Jenazah
Tujuan : ODOJers dan Umum

####################

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu”. (Q.S. Ali Imran : 185)

Divisi Kemanusiaan Departemen Sosial DPP ODOJ bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan DPA ODOJ Tangerang akan mengadakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah bagi ODOJers dan Umum.

In Syaa Allah akan dilaksanakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 27 Juni 2015
Waktu : 08.00 -12.00 WIB
Tempat : Masjid Al-Muhajirin (Komplek Perum Batu Ceper Indah, Jln. Intan Raya Tangerang, Banten, belakang Polsek Batu Ceper)

Pelatihan meliputi:
- Tuntunan menghadapi kematian
- Memandikan jenazah
- Mengkafani jenazah
- Menshalatkan jenazah
- Mengantarkan jenazah
- Menguburkan jenazah

Pendaftaran & informasi via SMS/WA:
Ikhwan : 08892724796 (Eko Ucok)
Akhwat : 081282062866 (Shirly)

Format pendaftaran :
Pemulasaraan_Nama_Domisili _Grup ODOJ/(0 untuk Umum)

Contoh : Pemulasaraan _Wahyu_ Batu ceper _1184

Pelatihan ini tidak dikenakan biaya apapun. Peserta terbatas.

Jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
-DPP ODOJ Div. Kemanusiaan
Dept. Sosial Bid. Project-
#4daa#




from One Day One Juz's Facebook Wall

Wahai akhwat jika engkau memilih.. Maka pilihLah yang mendekatkan diriMu kepada...

Wahai akhwat jika engkau memilih..
Maka pilihLah yang mendekatkan diriMu kepada Allah SWT..




from One Day One Juz's Facebook Wall

Yang waktunya luang silahkan merapat

Yang waktunya luang silahkan merapat




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kominex 936/04/06/2015 Tanggal : 20 Juni 2015 Perihal : Grand Launching Kalqul...

Kominex 936/04/06/2015
Tanggal : 20 Juni 2015
Perihal : Grand Launching Kalqulus One Day One Juz
Tujuan : ODOJers Kab. Tangerang & Umum

####################

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dalam rangka syiar ODOJ di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan penuh ampunan ini, DPA ODOJ Kab. Tangerang mengundang ODOJers dan Umum untuk ikut serta dalam Grand Launching Kalqulus.

In Syaa Allah diselenggarakan pada:
Hari : Ahad
Tanggal : 28 Juni 2015
Pukul : 13.00 WIB-berbuka puasa
Tempat : Masjid Jami' At-Taqwa, Cadas - Sepatan

•Tema•
Perbanyak Tilawah, Perdalam Makna

•Pembicara•
Ustadz Fajri

•Susunan Acara•
1. Khataman Al Quran
2. Prosesi Grand Launching Kalqulus
3. Santunan untuk anak yatim
4. Pembagian paket Takjil On the Street (TOS)
5. Buka puasa bersama

Konfirmasi pendaftaran:
Ikhwan : 08999297248 (Haikal)
Akhwat : 085770702447 (Yayah)

Format pendaftaran : GLK_Nama_Domisili

Catatan:
1. Harap mendaftar segera, tempat terbatas
2. Membawa Al Quran
3. Mengenakan pakaian syari (dresscode putih)
4. Membawa alat sholat
5. Siapkan infak terbaik anda

Jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
-DPA ODOJ Kab. Tangerang, Banten-
#b5f8#

from One Day One Juz's Facebook Wall

Minggu, 21 Juni 2015

http://ift.tt/1Gh481j

Odojers Magetan

Alhamdulillah Berbagi Ta'jil Gratis ODOJ & LMI Magetan kemarin sore berjalan dengan sukses.Jazakumullah khoiron katsiron atas bantuan dan partisipasi teman2. In syaa Allah akan ada agenda lainnya, jangan lewatkan ya..!!Semoga ke depannya ODOJ semakin dikenal di Magetan tercinta ini,

from One Day One Juz's Facebook Wall

󾒱OASE DAKWAH Senin, 22 Mei 2015 I S T I G H F A R Oleh: Rochma Yulika Kita mul...

󾒱OASE DAKWAH
Senin, 22 Mei 2015

I S T I G H F A R
Oleh: Rochma Yulika

Kita mulai hari kita dengan ISTIGHFAR...
Bukan sekedar untuk kesalahan-kesalahan yang kita perbuat.
Namun ISTIGHFAR juga untuk menyempurnakan amal-amal kita.
Sekarang inilah saatnya kita merenungkan, seberapa banyak kebaikan yang telah kita tebar?
Apakah lebih sering nafsu untuk diumbar?

Saatnya kita merenungkan seberapa banyak kemaksiatan yang telah kita perbuat?
Apakah kita sedang berseteru dengan saudara kita?
Apakah kita sedang sibuk mencaci orang-orang dekat kita serta mencari kesalahan mereka tanpa mengevaluasi kesalahan diri kita?
Apakah kita sedang menjadi pengikut iblis sang durjana, dengan melepaskan begitu sj hawa nafsu kita?
Apakah kita jg lebih suka terlelap daripada terjaga utk tunduk dan bersujud pada Nya?
Seberapa sering kaki kita terayun untuk melangkah di jalan kebaikan?
Tanyakan pada hati kita yang paling dalam apa saja yang sudah kita perbuat.
Saatnya kita berbenah...
Astaghfirullah al'adhim.
Ampuni kami Ya Rabbi...
Semoga apa saja yg terjadi bisa menjadi hikmah kebaikan bagi kami.

Semua manusia adalah anak-anak Adam yang menjadi tempatnya salah dan lupa.

Maka orang suci sejati bukan yang tak berdosa, melainkan mereka yang banyak beristighfar kepada Allah.

Mereka sering disergap rasa bersalah dan berdosa. Lalu dengan istighfar itu mereka merasakan ketenteraman dalam naungan ampunanNya.

Maka mereka tumbuh menjadi pemaaf, sebab mereka juga tumbuh dalam pemaafan Allah.

“Adapun mereka yang kurang beristighfar”, begitu ditulis Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam Madaarijus Salikin, “Pastilah hatinya keras dan merasa suci. Dan itu membuat mereka mudah sakit hati, sulit menghargai, dan tak mampu memaafkan.”

Divisi Tarqiyah Imaniyah PSDM ODOJ
DTI/46/22/06/2015
oaseodoj@gmail.com

from One Day One Juz's Facebook Wall

Buat yg suka mengkritik aktifitas teman kita di sosmed: (1) Kita tidak bisa mem...

Buat yg suka mengkritik aktifitas teman kita di sosmed:

(1) Kita tidak bisa membaca hati manusia, apalagi hanya dari dunia maya.

(2) Belum tentu yang menuliskan rutinitas amalnya itu riya’. Bisa jadi ia berniat memotivasi kawannya

(3) Belum tentu yang mengabarkan rejeki yang diterimanya adalah ber-bangga2 dengan harta. Bisa jadi, ia ingin mensyiarkan syukur atas karunia-Nya.

(4) Isi hati adalah misteri, maka baik sangka lebih terpuji.

(5) Mereka yang menuliskan pengalamannya di socialmedia, belum tentu jadi selebritis dunia maya. Bisa jadi ada inspirasi yang hendak dibagikannya.

(6) Mereka yang mengabarkan sedang mengisi kultum entah di mana, belum tentu ingin dipuji amal dakwahnya. Bisa jadi ia ingin memberi harapan pada rekannya, bahwa di sana dakwah masih menyala.

(7) Isi hati adalah misteri, maka baik sangka lebih terpuji

(8) Mereka yang menyampaikan secuplik ilmu yang diketahuinya, belum tentu ingin diakui banyak ilmunya. Bisa jadi ia terpanggil untuk menyampaikan sedikit yang ia punya.

(9) Mereka yang gemar mengkritisi kekeliruan yang dilihatnya, belum tentu merasa dirinya paling benar sedunia. Bisa jadi, itu karena ia sungguh mencintai saudaranya.

(10) Isi hati adalah misteri, maka baik sangka lebih terpuji

(11) Mereka yang gemar menuliskan apapun yang dipikirkannya, belum tentu ingin diakui sebagai perenung berwibawa. Bisa jadi, ia adalah pelupa, dan mudah ingat dengan membagikannya.

(12) Mereka yang selalu merespon apa yang dilihatnya, belum tentu ingin eksis di dunia maya. Bisa jadi ia memang senang berbagi yang dia punya

(13) Isi hati adalah misteri, maka baik sangka lebih terpuji

(14) Tapi baik sangka, tak berarti membiarkan kawan-kawan melakukan sesuatu yang nampak keliru di mata kita.

(15) Baik sangka, harus disertai dengan saling mengingatkan agar tidak tergelincir niatnya, agar tidak terhapus pahala amalnya.

(16) Isi hati adalah misteri. Namun apa yang nampak keliru di mata kita, di situlah tugas kita untuk meluruskannya. Sebab kita saudara

(17) Baik sangka itu menentramkan. Namun, saling mengingatkan juga merupakan kebutuhan.

(18) Baik sangka itu indah, tapi bukan berarti membiarkan saudara terlihat salah.

(19) Baik sangka, dan nasihat-nasihati adalah kewajiban sesama muslim.




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kominex 918/04/06/2015 Tanggal : 18 Juni 2015 Perihal : Hadiah Khatamku untuk...

Kominex 918/04/06/2015
Tanggal : 18 Juni 2015
Perihal : Hadiah Khatamku untuk Lebaranmu
Tujuan : ODOJers Jakarta, Cianjur, Mataram, Medan, dan Surabaya

####################

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Komunitas One Day One Juz bekerjasama dengan PT. XL Axiata, Tbk. menyediakan 200 paket santunan anak yatim pada acara Grand Lauching Kalqulus tanggal 28 Juni 2015.

Untuk mengkampanyekan "Perbanyak Tilawah" pada bulan Ramadhan, kami memberi kesempatan kepada ODOJers di 5 kota terpilih untuk dapat merekomendasikan anak yatim yang berhak menerima santunan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Anggota Komunitas One Day One Juz dan aktif terdaftar dalam grup tilawah harian
2. Setiap menyelesaikan minimal 1 kali khatam Al Quran dalam periode waktu 1-7 Ramadhan 1436 H maka berhak merekomendasikan 1 anak yatim (berlaku kelipatan)
3. Anak yatim penerima bantuan harus hadir saat acara Grand Launching tanggal 28 Juni 2015
4. Tersedia kuota anak yatim sebagai berikut:
a. Yatim area Jakarta : 100 paket
b. Yatim area Cianjur, Mataram, Medan, dan Surabaya masing-masing 25 paket
5. Campaign ditutup tanggal 8 Ramadhan dan jika kuota terpenuhi

Info dan pendaftaran anak yatim (WA/SMS):
- Jakarta : 081286271276 (April)
- Cianjur : 0817157997 (Rizki)
- Mataram : 087865759629 (Ida)
- Medan : 08192011592 (Adit)
- Surabaya : 082231037203 (Yuyun)

Format pendaftaran :
GLK_Hadiah khatam_Nama ODOJer_Nama anak yatim_Domisili

Untuk turut mensukseskan GL Kalqulus, ODOJers dapat pula menyalurkan infak ke :
Bank Muamalat a.n Komunitas One Day One Juz No. Rek. 121-0077-135.
Setiap nominal transfer mohon tambahkan angka 6 dibelakangnya.
Contoh : Fulan Rp100.006,00

Konfirmasi transfer (WA/SMS) : 08126712229 (Elda)

Mari kita hadiri dan sukseskan acara amaliyah di bulan Ramadhan tahun ini.

Semangat khatam ODOJers.

Jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
-Panitia Grand Launching Kalqulus DPP ODOJ-
#4cc4#




from One Day One Juz's Facebook Wall
http://ift.tt/1K3Yypb

Dpa Odoj Banda Aceh

Komunitas ODOJ AcehNGAOS Edisi RamadhanAhad 21 Juni 2015/04 Ramadhan 1436 H. @ Pantai Wisata Ulee Lee, Banda Aceh. Insya Allah, Dg ikut program ODOJ Umur akan semakin Berkah.

from One Day One Juz's Facebook Wall

Sabtu, 20 Juni 2015

Play and Share....

Play and Share....




Jika ini ramadan terAkhirku.Hasbunallah wanimawakil...Bergetar hati ini seraya meneteskan airmata menontonya..Silahkan di share. Semoga menginspirasi kita semua dlam memaksimalkan ibadah kita di bulan ramadan..

from One Day One Juz's Facebook Wall

Jika ini ramadan terAkhirku. Hasbunallah wanimawakil... Bergetar hati ini seray...

Jika ini ramadan terAkhirku.
Hasbunallah wanimawakil...

Bergetar hati ini seraya meneteskan airmata menontonya..
Silahkan di share. Semoga menginspirasi kita semua dlam memaksimalkan ibadah kita di bulan ramadan..





from One Day One Juz's Facebook Wall

Jumat, 19 Juni 2015


Mobile Uploads
IMSAKIYAH ODOJ 1436H - 2015 Untuk para odojer yang membutuhkan akurasi waktu ibadah shalat fardhu, sahur dan waktu berbuka..silahkan menggunakan Imsakiyah Ramadhan ODOJ. Untuk Jakarta dan sekitarnya. Luar daerah waktu tinggal disesuaikan. Selamat menunaikan ibadah shaum. Semoga diterima oleh Allah SWT. Dan diganjar pahala terbaik. Juga memberikan berkah untuk masyarakat sekitar kita. Hablumminannaas. Semoga kita juga mendapatkan berkah Malam Qadr. Lebih baik dari 1.000 bulan. Seumur dengan 83 tahun penuh kita beribadah. Dan semoga kita lolos mendapatkan predikat "Muttaqiin" Barakallahu fiikum Design by Ust. @[100009713854862:2048:Tohirin Ark] | @tohirin1982 By @rickyadrinaldi www.onedayonejuz.org

from One Day One Juz's Facebook Wall

Mari aminkan sahabatKu..

Mari aminkan sahabatKu..




from One Day One Juz's Facebook Wall

DekatkanLah sang maha pemilik hati :)

DekatkanLah sang maha pemilik hati :)




from One Day One Juz's Facebook Wall

Mobile Uploads
Hari sabtu bingung mau ngapain setelah kholas? yuk setel Siaran Kompas TV dirumah masing2 ,akan ada pengurus ODOJ Sulsel yang berbagi kebaikan #OneDayOneJuz

from One Day One Juz's Facebook Wall

GRAND LAUNCHING KALQULUS ODOJ 28 JUNI 2015 Setelah program Kalqulus dari DPP OD...

GRAND LAUNCHING KALQULUS ODOJ
28 JUNI 2015

Setelah program Kalqulus dari DPP ODOJ berjalan lancar selama 9 bulan, kami akan mengadakan Grand Launching Kalqulus (Kajian Al Quran ala Ustadz) yang secara serentak akan diikuti oleh sejumlah DPA ODOJ di Indonesia.

In Syaa Allah diselenggarakan pada:
Hari : Ahad
Tanggal : 28 Juni 2015
Waktu : 13.00 WIB-berbuka puasa
Tempat : Berpusat di Masjid Abu Bakar As Shiddiq Cawang, Otista dan serentak di DPA ODOJ seluruh Indonesia

•Tema•
Perbanyak Tilawah, Perdalam Makna

•Pembicara•
Dr. Khaldun Salamah Jordan (Dosen LIPIA Jkt)

•Bintang Tamu•
Ustadzah Astri Ivo

•Susunan Acara•
1. Khataman Al Quran
2. Prosesi Grand Launching
- Teleconference dengan DPA terpilih (Bukit Tinggi, Mataram, Pekanbaru, Surabaya, Bekasi)
- Santunan 1000 anak yatim
3. Buka puasa bersama
4. Pembagian 2000 paket Takjil on The Street (TOS)

Konfirmasi pendaftaran acara serta info acara di DPA:
Ikhwan : 081384583275 (Fauzie)
Akhwat : 08126712229 (Eldarita)

Format pendaftaran : GLK_Nama_Domisili
(Harap mendaftar, tempat terbatas)

Salurkan infak terbaikmu melalui transfer ke :
Bank Muamalat a.n Komunitas One Day One Juz 121-0077-135.
Setiap nominal transfer mohon tambahkan angka 6 dibelakangnya.
Contoh : Elda Rp100.006,00

Mari kita hadiri dan sukseskan acara amaliyah di bulan Ramadhan tahun ini. Peserta di GLK pusat terbatas hanya 400 orang.

Jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Panitia Grand Launching Kalqulus DPP ODOJ

Ketua Pelaksana
Ust.Ghofar Ismail

Shared by
@rickyadrinaldi
www.onedayonejuz.org




from One Day One Juz's Facebook Wall

MAM MALIK MENANGIS Al-Imam Malik Rahimahullah suatu saat pernah menangis ketika...

MAM MALIK MENANGIS

Al-Imam Malik Rahimahullah suatu saat pernah menangis ketika hendak berbuka puasa.

Ketika ditanya oleh muridnya kenapa dia menangis?

Imam Malik menjawab:
"Aku sedih melihat makanan yang banyak ini, karena teringat Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa sallam.
Baginda berbuka dengan makanan yang sedikit tetapi ibadahnya banyak.
Sedangkan aku, berbuka dengan makanan yang banyak tetapi ibadahku sedikit"

Lalu Bagaimana dengan kita??




from One Day One Juz's Facebook Wall

Selama 30 Tahun Nenek Shalat di Trotoar Sungguh sangat mengesankan seorang nene...

Selama 30 Tahun Nenek Shalat di Trotoar

Sungguh sangat mengesankan seorang nenek shalat di trotoar jalan, nenek shalat di trotoar jalan ini sudah selama 30 tahun lamanya. Rosmiza 57 tahun, selama 30 tahun, selama itu pula, pinggiran Jalan Gatot Subroto, Medan, yang sumpek dan ramai oleh lalu lalang kendaraan menjadi tempatnya beribadah.

Ya, selama itu pula Rosmiza tak pernah meninggalkan sholat, kendati harus melakukannya di atas trotoar di pinggir jalan raya. Terik mentari dan guyuran hujan bukanlah alasan baginya untuk tidak menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah.

Suara knalpot sepeda motor dan bunyi riuh klakson kendaraan tak sedikit pun mengurangi kekhusukannya. Jiwanya tetap tenang mengucap seribu doa dan syukur kepada Ilahi. "Sholat dimana pun akan sama saja, karena bukan suasana yang pengaruhi doa saya," ucapnya sembari tersenyum simpul.

Air wudhu didapatnya dari toko kue atau dealer mobil yang tak jauh dari tempatnya berdagang. Jika hujan, dia solat di teras ruko yang terhindar dari hujan. "Tak ada alasan untuk tidak sholat," tegasnya. Nenek empat cucu ini sempat meneteskan air mata ketika menceritakan kisah hidup yang belum bisa dikatakan.

Dia berusaha sambil berdoa, itu yang menurutnya sangat penting. Hingga dia tak pernah merasa pernah terhimpit masalah berat. Dia hadapi semua dengan senyum dan syukur. Rosmiza sehari-hari berdagang lemang, kue timpan dan nagasari bersama suaminya.

Lemang bukanlah buatannya, melainkan dia membelinya dari orang lain. Dia hanya membuat kue tambahan untuk memperbanyak dagangan. Ketika pagi menjemput, dia berdagang di Pasar Kampung Lalang, tetapi sehabis solat Dzuhur dia berdagang di Jalan Gatot Subroto, tepat di seberang Hotel Alpha Inn, Medan.

Setiap harinya, dia menyelesaikan solat dua waktu (Ashar dan Maghrib) di pinggir Jalan Gatot Subroto, tepat di sebelah sepeda dagangannya. Tak banyak yang dia dapat per hari, tetapi cukup memenuhi kebutuhan hidup hariannya.

Bahkan, dia sudah menyekolahkan anaknya hingga sederajat sekolah menengah atas (SMA) dari hasil berdagang lemang. Dia sebenarnya mau menguliahkan anak-anaknya, tetapi sayangnya tak satu pun anaknya yang berniat mengecap bangku kuliah.

Wajah seorang perempuan yang masih berseri ini percaya kalau hidupnya akan berarti jika terus taat kepada Allah SWT. "Dunia ini berapalah lamanya, dan saya tidak akan dapat apa-apa dari sini. Kalau mati, akan sirna semua," ujarnya sembari menatap nanar ke arah lalu lalang kendaraan. (unikbaca)




from One Day One Juz's Facebook Wall

TATA CARA BERBUKA PUASA 1. Siapkan air putih atau kurma. Minimal kurma 3 biji a...

TATA CARA BERBUKA PUASA

1. Siapkan air putih atau kurma. Minimal kurma 3 biji atau lebih tapi ganjil jumlahnya.

2. Tunggu suara adzan magrib dan pastikan itu benar ada adzan maghrib.

3. Jika telah mendengar adzan maka bacalah "bismillah" dan makan 3 kurma tadi baru anda minum air yang anda sukai. Tapi jika tidak ada kurma maka hendaknya minum air putih dulu.

4. Setelah makan kurma dan minum air putih maka ucapkan doa berikut:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

"Dzahabaz zhomaa-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaa Allah"

"Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, semoga pahala didapatkan. Insya Allah.”
(HR Abu Daud no 2357, Ad Daruquthni no 2/401)

Setelah itu jika anda ingin doa dgn doa doa yang lain maka silahkan dan perbanyaklah.
Dan selamat menikmati hidangan buka puasa.

5. Jangan lupa bahwa anda ada kewajiban sholat maghrib. Jadi jangan sampai terlambat untuk kaum pria untuk berjama'ah dimasjid.

Semoga Allah ta'ala senantiasa memberi kekuatan kpd anda untuk menjalan puasa dan amalan ibadah lainnya dibulan Ramadhan.

بَارَكَ اللَّهُ فِيْك
Abu Riyadl Nurcholis Majid, Lc

Silakan dishare yaa...




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kamis, 18 Juni 2015


Timeline Photos
Kominex 919/04/06/2015 Tanggal : 18 Juni 2015 Perihal : Grand Launching Kalqulus Tujuan : ODOJers Surabaya, Sidoarjo dan Umum #################### Assalamu'alaikum Wr. Wb. ODOJ DPA Surabaya & DPA Sidoarjo mengundang ODOJers dan Umum untuk hadir dalam acara Grand Launching Kajian Al Quran ala Ustadz (Kalqulus). In Syaa Allah dilaksanakan pada: Hari : Ahad Tanggal : 28 Juni 2015 Waktu : 12.00-18.00 WIB Tempat : Masjid Al Hidayah Jl. A. Yani, No. 55 Gedangan Sidoarjo •Tema• Perbanyak Tilawah Perdalam Makna •Pemateri• Ustdz Hasan Muhammad (dari Radio Suara Muslim Surabaya) •Susunan Acara• 1. Khataman Al Quran 2. Prosesi grand launching Kalqulus 3. Kajian tafsir Al Quran 4. Santunan anak yatim 5. Buka puasa bersama Format pendaftaran : GLK_Nama_L/P_Domisili_Grup ODOJ/Umum_No. Hp Kirim melalui SMS/WA ke: Ikhwan : 08983807055 (Doni) Akhwat : 087757117159 (kiki) Catatan: 1. Peserta membawa Al Quran 2. Mengenakan pakaian syari 3. Terbuka untuk umum dan gratis Jazakumullah khairan katsiran. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. -ODOJ DPA Surabaya & DPA Sidoarjo- #08a4# — with Anugrah Prastyo and 43 others.

from One Day One Juz's Facebook Wall
http://ift.tt/1SuguuH

Dpa Odoj Banda Aceh

Kominex 922/04/06/2015Tanggal : 18 Juni 2015Perihal : Ngaos (Ngaji on The Street)Tujuan : ODOJers Banda Aceh dan Umum####################Assalamu'alaikum Wr. Wb.Dalam rangka syiar ODOJ di bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan ini, DPA ODOJ Banda Aceh mengajak ODOJers Banda Aceh & Umum untuk ikut serta dalam agenda Ngaos (Ngaji on The Street) dan tausiah.In Syaa Allah dilaksanakan pada:Hari : AhadTanggal : 21 Juni 2015 Waktu : ba'da Subuh, 06.30 WIB-selesaiTempat : Pantai Wisata Ulee Lheu Banda AcehFormat pendaftaran : ODOJersNama_Grup ODOJ_Domisili_No. Hp UmumNama_Domisili_No. HpKirim melalui SMS/WA ke:Ikhwan : 085372882277 (Jufri)Akhwat : 085277773280 (Zahra) Jazakumullah khairan katsiran.Wassalamu'alaikum Wr. Wb.-DPA ODOJ Banda Aceh-#535e#

from One Day One Juz's Facebook Wall

Perhatikanlah.. :)

Perhatikanlah.. :)




from One Day One Juz's Facebook Wall

Kalau kamu yang mana...? Jgn Hp aja yg di pegangin yah.. Kurang2in gadget... :D

Kalau kamu yang mana...?
Jgn Hp aja yg di pegangin yah..
Kurang2in gadget... :D




from One Day One Juz's Facebook Wall

Gag terasa.. :D

Gag terasa.. :D




from One Day One Juz's Facebook Wall

󾥦󾁔Doa Berbuka Puasa󾥢 󾔃󾓿Ada doa berbuka puasa yg sesuai sunnah namun tidak diken...

󾥦󾁔Doa Berbuka Puasa󾥢

󾔃󾓿Ada doa berbuka puasa yg sesuai sunnah namun tidak dikenal di masyarakat, padahal doa ini terdapat dalam hadits shohih bahwa nabi membaca doa berikut ketika beliau berbuka puasa

󾁓🍋Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma berkata

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ
ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

󾓿󾔂Rasulullah ﷺ apabila beliau berbuka puasa, beliau membaca

󾕇🍋〰Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

󾔁Artinya “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

{Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357 }

󾔂〰Kami ulangi bahwa Doa berbuka puasa yang benar dan sesuai sunnah Nabi

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

🍋〰Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

󾔁Artinya “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

󾔃〰Dan doa berbuka yang tersebar di masyarakat

󾕃Namun doa bersumber dari hadis yang {lemah dhoif } tidak bisa dipakai dasar hukum

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

󾔁Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rezekika afthortu

󾓿“Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka.”

󾕇󾔁Status Sanad Hadis
Periwayat , Abu Daud dalam Sunan-nya no. 2358 secara mursal (tidak ada perawi sahabat di atas tabi’in), dari Mu’adz bin Zuhrah

󾁄Sementara Mu’adz bin Zuhrah adalah seorang tabi’in, sehingga hadis ini mursal

󾓿Dalam ilmu hadis, hadis mursal merupakan hadis dhaif karena sanad yang terputus sebaiknya ditinggalkan demi kehati hatian

󾔂〰Tidak dipaksakan untuk merubah kebiasaan pembaca kembali kepada dasar rujukan dalam mengambil hukum syariat Agama

󾓿󾔂Yaitu kembali kepada Al Qur'an & Sunnah Hadits yang shohih

󾁔--Semoga Bermanfaat--




from One Day One Juz's Facebook Wall

Rabu, 17 Juni 2015

Kalau di masjd temen-temen gmna... :D

Kalau di masjd temen-temen gmna... :D




from One Day One Juz's Facebook Wall

Saur broh.. Yang dah saur absen yuks dr mana dan odojers brp...

Saur broh..
Yang dah saur absen yuks dr mana dan odojers brp...

from One Day One Juz's Facebook Wall

BAHAYA MANDI BOLA Info buat para orangtua ( Wajib Baca ) Buat para ortu sebaikn...

BAHAYA MANDI BOLA
Info buat para orangtua ( Wajib Baca )

Buat para ortu sebaiknya pilih-pilih lagi tempat bermain untuk anak…Dibawah ini saya sharingkan beberapa artikel mengenai bahaya mandi bola, yang saya ambil dari beberapa artikel diblog…, karena jangan sampai anak saya, dan anak bunda mengalaminya :

1. Dear all.. aku mau sharing aja ini kejadian baru nimpa anak tetangga di bandung. Tapi aku cuma cerita garis besarnya aja karena secara detil ngga banyak tanya karena ibunya masih stress .. jadinya ga tega.

Pas hari libur, sabtu/minggu pasti seperti biasa pasti orang tua ingin ajak anaknya main.. tetanggaku dia ajak anak perempuannya umur 3,5th mandi bola di B*M ( Bandu** ). Ngga ada feeling apa-apa.. anaknya senang main-main.

Setelah itu besoknya dia masih sekolah (Pre-School) seperti biasa.. ngga ada tanda-tanda apapun. Tapi tiba-tiba hari ke 4 setelah dia mandi bola itu, tanpa gejala apapun, anak itu dia ngga bisa jalan.. anak-nya pun ngga mengeluh ada gejala sakit apapun.. dia cuma nanya denganpolosnya ke ibunya “mama.. kok Riska ngga bisa jalan ya ma”…

Akhirnya sama ibunya dia langsung dibawa ke RS.Boromeus Bandung .. dan itupun setelah diperiksa sama DSA, ngga langsung ketahuan sebabnya kenapa tiba-tiba lumpuh… Sampai akhirnya setelah pemeriksaan dokternya,Riskadikasih macam-macam antibiotik yang memungkinkan buat ngobatin sakitnya itu..karena menurut dokternya ini kena kuman.

Akhirnya, besoknya Riska dirujuk ke RS.Hasan Sadikin karena ada DSA (dokter spesialis anak) yang menangani kasus seperti ini. Selidik punya selidik, akhirnya DSA di Hasan Sadikin menemukan bahwa Riska kena virus, yang menyebarnya virus melalui sumsum tulang belakang.. sampai akhirnya akan merambat ke otak.

Karena itu, Riska disuntik setiap hari yang harga suntikannya 6jt/suntik. Untuk mencegah virus itu berhenti menyebar agar ngga ke otak.Menurut dia, memang virus ini masih jarang di indonesia dan belum diwajibkan sama IDAI. Tapi mulai ada penyebaran virus ini yang menyerang terutama pada balita dan orang tua di atas 60.

Saat ini Riska masih dalam perawatan, dan masih disuntik tiap hari 6jt itu. Tapi menurut Riska (untung anaknya masih bisa komunikasi), sekarang Kakinya mulai kerasa kesemutan biarpun dia masih lumpuh..

Dokternya tidak bisa menjamin apa-apa, tapi hanya berusaha untuk mencegah penyebaran virusnya. Ibunya bingung dan tanya darimana virusnya dateng..dokternya pun ngga bisa bilang kalo itu karena mandi bola.

Tapi saat aku cerita ke kakak iparku, dia ternyata ada pengalaman anak temen kantornya yang kena virus yang sama, dan persis kejadiannya setelah mandi bola juga.

Menurut DSA temen kakakku itu, tempat mandi bola memang merupakan lokasi penularan paling bagus untuk virus apapun, terutama di tempat-tempat umum.Karena jarang sekali pihak taman bermain itu mencuci bola tersebut, dan dengan ruangan yang tertutup dan lembab, tidak kena sinar matahari, tempat mandi bola jadi tempat bersemayam-nya virus.

So, kita semua wajib memperhatikan tempat2 hiburan, tempat bermain buat anak2 kita, jgn sampe’ memilih tempat bermain yg tidak sehat spt kolam bola (yg tentunya tidak pernah disterilkan. ..), hiii… bnyk anak2 ngompol di dlmnya, muntah, buang2 ludah, dsb… apalagi ada bnyk telor nyamuk, dan serangga laen yg ngumpet disitu…. ih

2. Ini adalah true story, aku dapat dari milis HIMASAD (HIMA Sastra Jerman UNPAD). Berdasarkan pengalaman salah satu temannya, yang harus kehilangan putranya yg berusia 3 tahun.

McDonalds, Burger King, Timezone,KFC….Tempat yg sangat mengasyikkan bagi anak-anak bermain dengan bola2. Dimana biasanya disebut kolam bola atau mandi bola….

Kejadiannya bertepatan dengan pesta perayaan ULTAH sang anak di McDonalds,setelah selesai makan,anaknya minta bermain di kolam bola tersebut. Namun tak lama kemudian terdengar si anak melolong kesakitan…..Katanya pantatnya terasa sakit sekali, seperti tertusuk sesuatu benda.Lalu setelah di lihat oleh ibunya, ternyata terdapat bilur merah kecil….

Dan beberapa hari kemudian sang ibu mulai curiga akan memar di pantat anaknya yg semakin membengkak.Dan yg lebih mengagetkan sang ibu ketika si anak mulai menggigil gemetar dan muntah-muntah, dan matanya berputar ke belakang……

Segera anak tersebut dibawa ke rumah sakit dan harus di rawat di ICU,dan anak yg malang itu harus meninggal pada malam itu juga……

Ketika dokter menyatakan bahwa kematian anak itu dikarenakan overdosis heroin. Tentunya sang ibu sungguh tidak percaya….Bagaimana mungkin???!!!….Ternyata setelah polisi memeriksa kolam mandi bola di restoran fast food tersebut, mereka menemukan beberapa jarum suntik ; sebagian sudah digunakan,dan beberapa ada yg masih dosis penuh. Dan di tumpukan bola2 itu ternyata banyak sekali bekas2 makanan, muntah, diapers kotor,genangan air kencing bahkan ada pisau2 kecil…..

Kemudian setelah ditanyakan ke Manager restoran tsb, barulah diketahui bahwa kolam bola itu hanya dibersihkan beberapa kali dalam setahun.Jadi mereka sendiri juga tidak tahu pasti apa yang terdapat di dasar kolam mandi bola tersebut.

Coba bila kamu seorang ibu,yg harus mengalami tragedi ini….sungguh memilukan…..Nah teman2,makanya berhati-hatilah mulai sekarang bila membawa anak, ponakan atau adik kamu yg ingin bermain mandi bola…. Memang bagi anak2 itu hal yg sangat menyenangkan,tapi kita kan tidak mau anak2 kita harus bermain di tempat yg kotor dan sangat berbahaya itu.Apalagi harus sampai kehilangan nyawa…… HATI-HATI !!!!!..

3. Kita tidak tahu kebersihan dasar kolamnya, dari atas sih bagus. Berikut beberapa pengalaman serupa yang saya ambil dari berbagai sumber :Satu diantara putraku kehilangan jam tangannya dan karenanya dia sangat kecewa. Kami menggali di antara bola2 untuk mencarinya. Bukannya menemukan jam tersebut, kami malah menemukan muntahan, makanan, kotoran, dan sesuatu yang tidak ingin saya sebutkan. Saya pergi ke manager dan memprotess hal tersebut, dan baru saya mengetahui ternyata kolam bola hanya dibersihkan satu kali setiap bulannya. Saya bahkan ragu kalau hal itu juga dilakukannya. Anak2ku tidak akan pernah bermain lagi di kolam bola manapun.Beberapa di antara pembaca mungkin bukan orang tua, tapi mungkin anda punya keponakan, cucu, atau berteman dengan anak-anak.

4. Saya termasuk yang agak keberatan anak_anak bermain mandi bola. Tahun 1998 ketika kita tinggal di Plano , Texas ada beberapa kejadian anak2yang main mandi bola di restoran/ mall digigit Rattler Snake yang nggak keliatan kalo sampe bertelur dan beranak pinak dibawah bola-bola tersebut. Belum lagi kejadian yang digigit serangga dll. Kan masih banyak tempat bermain anak yang safe. Kan lebih aman…

5. Seorang anak kecil lainnya telah bermain di kolam bola Burger King dan mulai mengeluh lengannya terluka. Dia juga meninggal kemudian. Ditemukan bahwa dia mendapat gigitan ular di sekitar lengan dan pantatnya. Ketika mereka membersihkan kolam bola itu, mereka menemukan sarang ular berbisa di dasar kolam bola tersebut. Anak kecil itu telah menderita sejumlah gigitan dari ular2 yang sangat berbisa.

Jadi Buat Ayah bunda yang membaca artikel ini (btw masih banyak artikel yang senada… coba search di google), tolong sampaikan pada yang lain agar mereka juga memahami bahaya mandi bola….)

silahkan share tanpa perlu izi agar makin banyak ORANG-TUA yang tau.

sumber
Indonesia Care of Children

http://ift.tt/1R8NbLx




from One Day One Juz's Facebook Wall

Marhaban Ya Ramadan..

Marhaban Ya Ramadan..




from One Day One Juz's Facebook Wall

Selasa, 16 Juni 2015

Pagi sahabat ODOJers..

Pagi sahabat ODOJers..




from One Day One Juz's Facebook Wall
http://ift.tt/1Gqwdpb

Odoj Mesir

Silaturahim Perwakilan Pengurus DPA ODOJ Mesir bersama personel Fathul Jihad Nasyid pada Acara Festival Muslim dirangkai Konser Amal Palestina.Acara yang dilaksanakan di Gedung Wanita Tama Yogyakarta ini digagas oleh Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Yogyakarta.Dari silaturahim ini, personel Fathul Jihad sangat mensupport kegiatan One Day One Juz selama ini. Semoga silaturahim ini dapat memberi semangat baru bagi para ODOJer.Senin, 27 Sya'ban 1436 H / 15 Juni 2015>>>ODOJ, Membumikan Al Qur'an, Melangitkan Manusia<<<

from One Day One Juz's Facebook Wall

APAKAH SAYA SEDANG FUTUR…󾌺 Terbukti dengan mulai ogah-ogahan saya datang ke pen...

APAKAH SAYA SEDANG FUTUR…󾌺

Terbukti dengan mulai ogah-ogahan saya datang ke pengajian setiap pekan dengan dasar klasik sekolah, lelah, sibuklah, inilah, itulah…

Saya ini sedang futur….

Baca qur’an kurang, nonton TV doyan. "Baca qur’an banyak alasan dan tidak berkesan", baca sms iseng ketagihan….

Saya ini sedang futur…

Tidak lagi pandai menjaga pandangan, sering curi-curi sasaran…

Saya ini sedang futur…

Jarang membaca buku tentang islam, lagi demen baca facebookan…

Saya ini sedang futur…

Walau takut azab, tak pernah sekalipun terisak malah seringnya terbahak-bahak…

Saya ini sedang futur…

Sibuk ngurusin pekerjaan, ogah nanganin binaan…

Saya ini sedang futur…

Tak lagi bersyukur, sudah mulai tidak jujur…

Saya ini sedang futur…

Senang disanjung, dikritik murung…

Saya ini sedang futur…

Sangat sukar bangun malam tafakur, lebih senang meluk guling mendengkur…

Saya ini sedang futur…

Malas ngurusin keluarga, sedikit sekali muhasabah, sering kali menghibah…

Saya ini sedang futur…

Malas berdoa inginnya pasrah tanpa usaha…

Saya ini sedang futur…

Lihat perut saya makin buncit karena pangsit, kalo infak sedikit, sudah mulai pelit…

Ya…. Saya memang sedang futur…

Kenapa saya futur???

Kenapa tidak ada seorang akhwatpun yang menegur atau menghibur???

Kenapa batas-batas mulai kendur???

Kenapa kepura-puraan, basa-basi dan kekakuan makin subur???

Kenapa diantara kita sudah mulai tidak jujur???

Kenapa diantara kita sudah ngawur???

Kenapa ukhuwah diantara kita sudah mulai kendur???

Kenapa diantara kita ada yang hanya pandai bertutur???

Ya Allah…

Berikanlah saya pelipur agar tidak semakin futur dan tersungkur!!!

Astaghfirullah ya Rabb, ampuni segala dosaku....󾍛




from One Day One Juz's Facebook Wall

Timeline Photos
Maka kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. [Thaahaa:53]

from One Day One Juz's Facebook Wall

Mobile Uploads
#OneDayOneJuz #NgajiOnTheSteet Kata siapa yang ngaji diMobil ,hnya kaum muda ,DiSulsel tepatnya Makassar Ibu ini dgn khusyu membaca Alquran dipete2.Krn macet menghabiskan waktu ngejuz .Jazakillah bu atas syiarnya #Live Report mobil Ikip

from One Day One Juz's Facebook Wall

Perbanyak istghfar. Ingat kita semua pendosa...

Perbanyak istghfar.
Ingat kita semua pendosa...




from One Day One Juz's Facebook Wall

Senin, 15 Juni 2015

istiqfar menghapus duka dan mengundang rezeqi “Barang siapa memperbanyak Istigh...

istiqfar menghapus duka dan mengundang rezeqi

“Barang siapa memperbanyak Istighfar maka Allah akan membebaskannya dari kedukaan, dan memberinya jalan keluar bagi kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.”
(Riwayat Abu Dawud).

Istighfar artinya memohon ampun kepada Allah SWT. Islam mengajarkan kepada umatnya agar memperbanyak istighfar. Rasulallah SAW sendiri sehari minimal 70 kali mengucapkan Istighfar (Riwayat Bukhari). Rasulallah yang sudah dijamin suci dari dosa (ma’sum) masih melakukan hal itu, apalagi kita, mestinya lebih banyak lagi beristighfar, karena jelas tidak dijamin suci. Bahkan mungkin lebih banyak dosanya ketimbang pahalanya.

Selain menghapus dosa, istighfar juga memberi manfaat lain. Ia bisa membuka pintu rezeki. Alquran mengatakan demikian. “ Maka Aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu fan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai”. (S.Nuh [71]: 10-12).

Berkaitan dengan ayat di atas, dalam Tafsir Al-Maraghi ada cerita menarik. Hasan Al Basri adalah salah satu generasi tabi’in (ulama yang pernah bertemu dengan sahabat). Ia ulama berilmu dan shaleh. Banyak orang dating kepadanya bertanya soal agama dan minta nasehat atas berbagai persoalan. Suatu kali datang kepadanya seorang laki-laki mengadu tentang masa paceklik yang menimpanya. Hasan pun menerima pengaduan itu dengan penuh perhatian. Tapi nasihat yang diberikan tidak panjang-panjang. Ia hanya berucap “Beristighfarlah kepada Allah SWT”.

Tak berapa lama datang laki-laki lain yang mengeluh soal kemelaratan yang menderanya. Ulama yang masyhur itu juga hanya bilang “Beristighfarlah kepada Allah SWT”. Ada pula laki-laki lain yang berkata “Doakanlah aku agar Allah memberiku anak”. Lagi-lagi Hasan Cuma bilang “Beristighfarlah kepada Allah SWT”. Datang lagi laki-laki lain yang mengeluh kebunnya mengalami kekeringan. Jawaban Hasan tetap sama “Beristighfarlah kepada Allah SWT”.

Sikap Hasan tadi rupanya menjadi perhatian seseorang. Orang itu bingung, ditanya berbagai persolan, eh…jawabannya itu-itu saja. Memangnya semua persoalan itu bisa dipecahkan dengan hanya membaca Istighfar, kira-kira begitu pikiran orang itu. Tak tahan menahan keheranan, ia pun bertanya kepada Hasan, “Beberapa orang laki-laki mendatangimu mengeluhkan berbagai persoalan, tetapi engkau hanya menyuruh mereka semua untuk membaca istighfar!”. Hasan menjawab tenang “Aku sama sekali tidak mengatakan apapun dari diriku sendiri. Sesungguhnya Allah SWT berfirman (seperti itu)”. Ulama yang namany masyhur hingga kini itu lalu mengutip surat Nuh ayat 10-12 seperti dikutip di atas.

Anak, Hujan dan Rezeki.

Kisah ini terdapat dalam Musnad Abu Hanifah. Dari kitab yang ditulis oleh imam Hanafi, salah satu imam mahzab, disebutkan sebuah riwayat dari Jabir bin Abdullah. Suatu ketika, ada seseorang yang dating menemui Nabi SAW. Orang ini belum dikaruniai anak, karena itu ia ingin mendapat keturunan. Rasulallah SAW lalu berkata “Engkau memperbanyak Istighfar dan sedekah maka engkau akan diberi rizki dengan lantaran keduanya.” Laki-laki itu lalu memperbanyak Istighfar dan sedekah. Jabir mengatakan bahwa laki-laki itu akhirnya dikaruniai sembilan anak laki-laki.

Ini kisah lain lagi, dituturkan Syaikh ‘Aidh al-Qarni, penulis buku best seller La Tahzan. Ada seorang yang tak kunjung dikarunia anak. Sementara para dokter sudah angkat tangan tidak mampu mengobatinya dan obat-obatan pun sudah tidak mempan lagi. Orang itu akhirnya bertanya kepada salah seorang ulama yang kemudian menyarankan kepadanya, “Hendaklah engkau memperbanyak Istighfar di kala subuh dan sore hari, sesungguhnya Allah SWT mengatakan perihal orang-orang yang beristighfar, ‘Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu.’ (Nuh[71]:12). Lelaki itu kemudian memperbanyak Istighfar secara terus menerus. Akhirnya dengan izin Allah SWT dan kasih sayang Nya, ia pun mendapatkan keturunan yang shaleh-shaleh.

Umar bin Khaththab, salah satu sahabat Rasuallah SAW yang pernah menjadi Amirul Mukminin memegang erat ayat-ayat tersebut ketika ia meminta supaya Allah SWT menurunkan hujan. Mathraf meriwayatkan dari cerita asy-Sya’bi bahwa suatu ketika Umar keluar dari rumahnya untuk berkumpul bersama orang-orang meminta hujan turun. Namun, Umar hanya membaca Istighfar dan tidak lebih dari itu, sampai akhirnya ia pulang. Ada orang berkata kepadanya, “Aku tidak mendengar engkau memohon supaya turun hujan.” Umar berkata, “Aku memohon supaya didatangkan bintang majadin di langit yang biasanya turun membawa hujan. Setekah itu ia membaca ayat (dalam surat Nuh ayat 10-12), Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada tuhanmu, sesungguhnya Dia maha pengampun niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.”

Allah SWT berfirman dalam kitab Nya yang mulia, “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhamnu dan bertaubat kepadaNya, (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan…”(Hud[11]:3).
Ayat tersebut menyatakan janji Allah SWT yang akan memberikan kenikmatan bagi orang yang memohon ampunan dan bertaubat. Adapun yang dimaksud “Dia akan memeberi kenikmatan yang baik”,menurut Ibnu Abbas adalah memeberi anugerah berupa rezeki dan kelapangan.
Al Qurtubi mengatakan, itulah buah dari Istighfar dan taubat, yaitu Allah SWT memberi kenikmatan dan berupa manfaat berupa luasnya rezeki dan kesenangan.

Adapun lafal istighfar itu macam-macam, sebagaimana terdapat dalam Hadis-hadis Shahih. Ada yang pendek dan ada pula yang panjang. Lafal-lafal itu antara lain, “Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.” (Mutafaq’alaih).

“Aku Memohon ampunan kepada Allah, zat yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup lagi Maha Menegakkan dan aku bertaubat kepadan-Nya.” (Riwayat Abu Dawud, Tirmizi, Hakim).

Namun jika semua hal itu telah dilakukan, lalu pertolonga Allah SWT tak kunjung dating, tak layak bagi seorang beriman bersikap putus asa, hingga mengaggapnya sebagai ketidakadilan Tuhan. Naudzubillah mindzalik. Boleh jadi yang demikian itu merupakan cara “terbaik” Allah SWT menyayangi dan menyelamatkan hamba-Nya.

Nah, marilah kita beristighfar sebanyak-banyaknya dengan niat mengikuti perintah Nabi SAW. Semoga Allah SWT memberikan jalan keluar atas persoalan yang kita hadapi. Amin. Wallahu a’lam.

http://ift.tt/1dHlxsf




from One Day One Juz's Facebook Wall

ODOJ HK

Karnaval Ramadhan

from One Day One Juz's Facebook Wall

Hari Senin, 15 Juni 2015 Komunitas membaca Al-Quran 1 Hari 1 Juz, One Day One Ju...

Hari Senin, 15 Juni 2015 Komunitas membaca Al-Quran 1 Hari 1 Juz, One Day One Juz (ODOJ) resmi menyerahkan bantuan kepada pengungsi Rohingya sebesar 280 juta Rupiah, yang merupakan hasil penggalangan Dana sumbangan pada periode 18 s.d 31 Mei 2015.

"Alhamdulillah kami telah menyalurkan sumbangan sesuai program dengan bekerjasama bersama Dompet Dhuafa, karena kami harus yakinkan kepada para ODOJer yang menjadi donatur bahwa setiap rupiah yang mereka sumbangkan menjadi amanah untuk kami salurkan," kata Haidir, Kabid Project DPP ODOJ.

Kadiv Tanggap Bencana ODOJ Herlin Widya Siska mengatakan, "Bentuk bantuan dari komunitas ODOJ tersebut berupa uang yang Insya Allah oleh tim Dompet Dhuafa akan disalurkan dalam bentuk barang-barang yg memang diperlukan oleh para pengungsi di sana. Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita sesama muslim,"

"Kami percaya dengan program-program yang dilakukan Dompet Dhuafa, karena Dompet Dhuafa termasuk salah satu lembaga yang memang concern dan professional terhadap masalah kemanusiaan" ungkap Henry selaku Kepala departemen sosial.

Komunitas ODOJ bersama ratusan ribu member ODOJ akan senantiasa peduli dengan musibah, baik yang melanda kaum muslimin dibelahan dunia maupun rakyat negeri Indonesia sendiri dan akan terus berpartisipasi sebagai bagian dari bentuk Ukhuwah Islamiyah.

Sementara Ketua Komunitas ODOJ Ricky Adrinaldi menambahkan, pemberian bantuan ini adalah bentuk kepedulian ODOJer dan bentuk nyata nilai-nilai ukhuwah Islamiyah yang diajarkan di dalam AlQuran.

"Ukhuwah Islamiyah itu tidak hanya kepada umat Islam di satu negara, tapi ukhuwah Islamiyah menembus batas-batas teritori sebuah negara. Karena umat Islam itu satu tubuh, bila yg satu sakit maka yang lain akan ikut merasakan sakit" ujar Ricky.

http://ift.tt/1IGaF8N




from One Day One Juz's Facebook Wall

Hari Senin, 15 Juni 2015 Komunitas membaca Al-Quran 1 Hari 1 Juz, One Day One Ju...

Hari Senin, 15 Juni 2015 Komunitas membaca Al-Quran 1 Hari 1 Juz, One Day One Juz (ODOJ) resmi menyerahkan bantuan kepada pengungsi Rohingya sebesar 280 juta Rupiah, yang merupakan hasil penggalangan Dana sumbangan pada periode 18 s.d 31 Mei 2015.

"Alhamdulillah kami telah menyalurkan sumbangan sesuai program dengan bekerjasama bersama Dompet Dhuafa, karena kami harus yakinkan kepada para ODOJer yang menjadi donatur bahwa setiap rupiah yang mereka sumbangkan menjadi amanah untuk kami salurkan," kata Haidir, Kabid Project DPP ODOJ.

Kadiv Tanggap Bencana ODOJ Herlin Widya Siska mengatakan, "Bentuk bantuan dari komunitas ODOJ tersebut berupa uang yang Insya Allah oleh tim Dompet Dhuafa akan disalurkan dalam bentuk barang-barang yg memang diperlukan oleh para pengungsi di sana. Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita sesama muslim,"

"Kami percaya dengan program-program yang dilakukan Dompet Dhuafa, karena Dompet Dhuafa termasuk salah satu lembaga yang memang concern dan professional terhadap masalah kemanusiaan" ungkap Henry selaku Kepala departemen sosial.

Komunitas ODOJ bersama ratusan ribu member ODOJ akan senantiasa peduli dengan musibah, baik yang melanda kaum muslimin dibelahan dunia maupun rakyat negeri Indonesia sendiri dan akan terus berpartisipasi sebagai bagian dari bentuk Ukhuwah Islamiyah.

Sementara Ketua Komunitas ODOJ Ricky Adrinaldi menambahkan, pemberian bantuan ini adalah bentuk kepedulian ODOJer dan bentuk nyata nilai-nilai ukhuwah Islamiyah yang diajarkan di dalam AlQuran.

"Ukhuwah Islamiyah itu tidak hanya kepada umat Islam di satu negara, tapi ukhuwah Islamiyah menembus batas-batas teritori sebuah negara. Karena umat Islam itu satu tubuh, bila yg satu sakit maka yang lain akan ikut merasakan sakit" ujar Ricky.




from One Day One Juz's Facebook Wall
http://ift.tt/1To9517

Dpa Odoj Banda Aceh

Salam Semangat ODOJers! UNDANGAN, ODOJers Banda Aceh dan ODOJers Aceh yg berada di Banda Aceh serta Umum! Utk berhadir pada:Hari : Ahad, 21 Juni 2015. Pukul : 06.30 WIB. T4 : Pantai Wisata Ulee Lee, Banda Aceh.Drez Code : Syar'i. Membawa Mushaf Al Qur-an. Agenda :1. NGAOS (NGAJI ON THE STREET) Edisi Ramadhan. 2. Tausiah.Konfirmasi Kehadiran melalui SMS/WA:Nama_No.grup/umum_No.WA_DomisiliKirim ke :Jufri : 0853 7288 2277 (Ikhwan) Zahra : 0852 7777 3280 (Akhwat) #KorProv dan DPA ODOJ Banda Aceh.

from One Day One Juz's Facebook Wall

Timeline Photos
Selebaran dan Undangan Terbuka Untuk Kita Semua ODOjer Dan Umum... — with Elvi Nora Aziz and 33 others.

from One Day One Juz's Facebook Wall

Jadilah sebagian itu “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan ummat yang me...

Jadilah sebagian itu

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran: 104)

KARENA MEMANG ALLAH SWT SUDAH TETAPKAN TIDAK SEMUA ORANG YANG MENYURU DALAM KEBAJIKAN. DAN JADILAH ORNG YANG SEBGAIAN ITU.

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya mentaati kesabaran.” (Al Ashr: 1-3)

INGAT AYAT INI SUNGGUH LUARRRR BIASA..
DAN JAGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BERDAQWAH..

“Perumpamaan orang yang berpegang dengan hukum-hukum Allah dan yang melanggarnya itu bagaikan kaum yang sama-sama menaiki kapal, sebagian ada yang di atas dan sebagian ada yang di bawah, orang-orang yang berada di bawah apabila ingin mengambil air mereka mesti melalui orang-orang yang berada di atas, la1u orang-orang yang di bawah itu berkata, “Seandainya kita lubangi (kapal ini) untuk memenuhi kebutuhan kita maka kita tidak usah mengganggu orang-orang yang ada di atas kita!” Maka jika orang-orang yang di atas itu membiarkan kemauan mereka yang di bawah, akan tenggelamlah semuanya, dan jika mereka menahan tangan orang-orang, yang di bawah, maka akan selamat, dari selamatlah semuanya.” (HR. Bukhari)

DAN JADILAH “dan jika mereka menahan tangan orang-orang, yang di bawah, maka akan selamat, dari selamatlah semuanya.” (HR. Bukhari)”

Lebih buruk dari apa yang telah kita sebutkan adalah jika hati masyarakat itu telah mati atau paling tidak sakit, setelah lamanya bergaul dengan kemungkaran dan mendiamkannya, sehingga kehilangan rasa keberagamaan dan akhlaqnya. Yang dengan perasaan itu akan diketahui yang ma ruf dari yang mungkar. Mereka telah kehilangan kecerdasan yang (seharusnya) mampu membedakan antara yang baik dengan yang buruk, yang halal dan yang haram, yang lurus dan yang menyimpang, maka ketika itu rusaklah standar masyarakat. Sehingga mereka melihat perkara yang sunnah menjadi bid’ah, yang bid’ah menjadi sunnah. Gejala lain adalah apa yang saat ini kita lihat dan rasakan di kalangan kebanyakan anak-anak kaum Muslimin, yaitu anggapan bahwa beragama itu suatu kemunduran, istiqamah itu kuno dan teguh dalam pendirian justru dianggap jumud (beku), sementara kemaksiatan dikatakan sebagai seni, kekufuran menjadi sebuah kebebasan, dekadensi moral menjadi suatu kemajuan dan memanfaatkan warisan salaf dianggap keterbelakangan dalam berfikir. Sampai pada hal-hal yang tidak kita ketahui, atau dengan kata lain yang singkat, yang ma’ruf telah menjadi munkar, dan yang munkar telah menjadi ma’ruf dalam pandangan mereka.

Lebih buruk dari itu semua ketika suara kebenaran itu mulai meredup (hilang), sementara teriakan kebathilan semakin menggelora memenuhi seluruh penjuru dunia untuk mengajak pada kerusakan, memerintahkan untuk berbuat kemungkaran dan melarang dari yang ma’ruf. Itulah teriakan orang-orang yang ciri-cirinya telah disebutkan di dalam hadits Rasulullah SAU: bahwa mereka adalah “Du’aat ‘ala abwaabi jahannam, man ajaa-bahum ilahaa qadzafuuhu jahannam,” barangsiapa menyambut ajakan mereka, maka mereka akan melemparkannya ke neraka jahannam.

Tetapi para da’i ilallah, orang-orang yang beramar ma’ruf nahi munkar dan para pelindung dan pembangkit agama Allah, suara mereka masih tetap kuat bersama kebenaran (yang dibawanya), meskipun suara kebatilan di kanan kirinya terus menggema.

Yang penting adalah memperkuat pelaksanaan kewajiban yang besar ini dan menghidupkannya kembali, serta menghidupkan aktifitas dakwah, yang dengannya akan sanggup melaksanakan syiar ini dalam kehidupan yang nyata. Dan para da’i dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat Islam.

Jika sebagian manusia dewasa ini berbicara tentang pentingnya membentuk opini umum dan pengaruhnya dalam mengawasi dan memelihara prinsip-prinsip umat, akhlaq, moral dan kepentingannya serta meluruskan apa-apa yang dianggap bengkok (tidak benar) dari masalah-masalah kehidupannya, maka kewajiban beramar ma’ruf nahi munkar adalah sarana terbaik yang menjamin tercapainya tujuan tersebut untuk membentuk opini umum yang bersandar pada standar akhlak Islami, tata susila yang paling benar, paling adil, paling kekal dan paling kuat, karena standar itu diambil dari Al Haq yang ‘azli dan abadi, yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kullun ya’malu ‘alaa syaakilatih,
setiap orang mengamalkan sesuai profesinya masing-masing.
dan Apa yang sudah anda perbuat untuk islam???

Al khaqqu bilaa nidhoomin yaghlibuhul baathilu binidhoomin
Kebenaran tanpa pengorganisasian yang baik akan dikalahkan oleh kebathilan yang
terorganisasi dengan rapi.

Hadana Allahu wa iyyakum ila shirathin mustaqim bi ‘aqidati ahlussunnah wal jama’ah.
Semoga Allah memberi hidayah kepada kita, dengan aqidah Ahlussunnah wal jama’ah

http://ift.tt/1LaY3GV




from One Day One Juz's Facebook Wall

Dalam dakwah selalu lapangkan dada kalian. Sabar dan tetap istiqammah..

Dalam dakwah selalu lapangkan dada kalian.
Sabar dan tetap istiqammah..




from One Day One Juz's Facebook Wall

Minggu, 14 Juni 2015

Coba sentuh gambar ini, maka akan muncul nama orang yg paling kita rindukan

Coba sentuh gambar ini, maka akan muncul nama orang yg paling kita rindukan




from One Day One Juz's Facebook Wall

Mobile Uploads
-Suasana syuro offline kmrn malam- DPA Surabaya dan DPA Sidoarjo akan bersinergi dalam pelaksanaan Acara Grand Launhing KalQulus (GLK) yg Serentak diadakan di seluruh Indonesia. InsyAllah dalam prosesi Grandlaunching Kita akan Teleconference dg Acara GLK pusat. Selain GLK kita akan buka bersama dg Anak yatim ... Bersiappp semuaa ODOJers...!! kita sukseskan GLK Serentak se Indonesia- — with Wawan Kimiawan and Odoj Sidoarjo.

from One Day One Juz's Facebook Wall
http://ift.tt/1C7MhYK

Odoj Tangerang Kota

Tarhib Ramadhan 1436HBersama ODOJ Tangerang Kota, Forkib, Rumah Zakat, dan Manjaddawajada TangerangKata tarhib berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata Marhaban. Sedangkan marhaban artinya selamat datang atau welcome. Maka Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan.Berdasarkan sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam biasanya sejak dua bulan sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah ta’aala dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhanكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَAdalah Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam apabila memasuki bulan Rajab berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad 2228)#SambutRamadhanCeria#TarhibRamadhan #ODOJTangkot #Forkib #RumahZakat #MjwjTgr #UkhuwwahIslamiyah

from One Day One Juz's Facebook Wall

Seorang bapak tua berusia kira kira lebih dari 60 tahun berprofesi sebagai pengh...

Seorang bapak tua berusia kira kira lebih dari 60 tahun berprofesi sebagai penghibur anak anak dengan kostum winny the pooh terpantau di depan Lippo mal Sidoarjo. Bapak tua ini beberapa kali dilaporkan pendengar Suara Surabaya terlihat di sekitaran Sidoarjo. Saat ditanya, namanya Pak Suaedi, tinggal di Driyorejo sebatang kara. Setiap hari sendirian naik angkot ke sidoarjo mencari nafkah di jalanan Sidoarjo. Sudah 2 tahun terakhir menderita stroke. Gate Keeper Suara Surabaya sdh berkoordinasi dengan Dinsos Sidoarjo untuk mencari dan merawat bapak ini.

Foto : Eddy Prastyo suarasurabaya.net (odp-ed)

MARI AMINKAN DOA KITA INI

"Duhai Allah, berkahi rejeki kakek ini. Sehatkan jiwa dan raganya agar ia senantiasa mamapu memenuhi kewajibannya dalam ibadah dan mencari nafkah. Ridhai segala peluhnya agar menjadi saksi dari tanggung jawabnya dalam mengayuh beban di dunia. Dan jangan biarkan ia putus asa dari rahmat-Mu karena fitnah dunia yang merajamnya. Dan berkahi hidup saudara-saudara muslim kami, dimana pun mereka berada. Aamiin yaa robbal'alamin."

#satu nasehat dari seseorang : "jika kamu melihat seorang yang sudah sepuh dan berjualan dipinggir jalan, belilah dagangannya meski kamu sebenarnya tak membutuhkan. Karena sesungguhnya beliau menghindarkan diri dari meminta-minta"

semoga DPA bisa F.U
ODOJ Surabaya




from One Day One Juz's Facebook Wall

ODOJ GELAR WORKSHOP MENULIS Jakarta (13/6) - Bertempat di Aula Lantai 4 Masjid...

ODOJ GELAR WORKSHOP MENULIS

Jakarta (13/6) - Bertempat di Aula Lantai 4 Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq Jakarta Timur, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) menggelar acara workshop menulis, bedah buku, dan sharing dengan penerbit. Acara ini diadakan oleh Divisi Penulis dan Klub Odojers Menulis Departemen Promosi Bidang Promas ODOJ. Sekitar pukul 09.00 acara dimulai. Acara yang bertema “Menjadi Penulis Jempolan dengan Spirit Alquran” ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan dengan sambutan oleh Kang Suherman selaku Ketua Panitia, Mbak Etika selaku Ketua Divisi Penulis ODOJ, dan Ustadz Ricky Adrinaldi selaku Ketua Umum ODOJ.

Setelah pembukaan dan sambutan, dilanjutkan pemberian materi oleh Bunda Helvy Tiana Rosa. Bunda Helvy adalah sosok penulis produktif dengan karya lebih dari 50 buku, penerima lebih dari 30 penghargaan nasional/internasional bidang penulisan dan pemberdayaan masyarakat, Pendiri Forum Lingkar Pena (organisasi kepenulisan terbesar di Indonesia), Anggota Majelis Sastra Asia Tenggara, 1 dari 33 Tokoh Sastra Paling Berpengaruh di Indonesia, 1 dari 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia hasil riset RISSC Jordan (2009-2014/2015). Bunda Helvy saat ini juga menjadi Dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Bunda Helvy mengawali materi dengan menyampaikan manfaat dari menulis. Menulis dapat meningkatkan daya inisiatif, kreativitas, kepercayaan diri, keberanian, kemampuan mengelola informasi, serta mampu menjadi sumber penghasilan baru. Ada beberapa hakikat menulis, antara lain:
1. Menulis adalah kesenangan
Saat menulis, kita bebas bermain kata, berimajinasi, bahkan bebas menjadi apapun yang kita inginkan. Misalnya kita bisa menjadi dokter lewat tokoh dokter yang kita tuliskan.

2. Menulis adalah berbicara
Menulis adalah berbicara yang tercatat. Banyak dari kita yang pandai bicara tapi tidak piawai dalam menulis.

3. Menulis itu berbagi
Tulisan kita akan menjadi inspirasi bagi pembaca. Tulisan yang bermanfaat akan menjadi amal jariyah bagi penulisnya.

4. Menulis itu membebaskan
Menulis mendorong kita untuk bebas berkreasi. Penulis bisa menciptakan aneka karakter dalam tulisannya. Bahkan bisa menjadikan orang-orang di sekitarnya sebagai tokoh sentral dalam tulisannya.

5. Menulis itu menyehatkan
Aktivitas menulis mampu meningkatkan jumlah antibodi dalam tubuh.

6. Menulis berarti mewariskan
Tulisan adalah warisan berharga kita bagi orang lain (pembaca). Warisan yang membuat kita abadi.

Ada beberapa alasan yang menjadi motivasi seseorang untuk menulis, di antaranya:
1. Menyalurkan hobi /talenta
2. Untuk mengucapkan diri (menunjukkan identitas/karakter diri)
3. Menuangkan perasaan
4. Mengikat ilmu
5. Berbagi pengetahuan
6. Mendapatkan uang
7. Mempengaruhi orang/membentuk opini publik
8. Aktualisasi diri dan eksistensi
9. Agar dikenal orang
10. Meninggalkan jejak abadi di dunia

Ada 3 (tiga) kunci untuk menjadi seorang penulis, yaitu :
1. Tekad
Menulislah dengan niat yang baik dan dari hati yang tulus agar tulisan kita sampai pada hati pembaca.

2. Wawasan
Seorang penulis harus banyak membaca dan menambah wawasan agar tulisannya bisa mencerdaskan diri dan sekitar.

3. Latihan
Banyak berlatih menulis. Kata Ken Macleod: “tak ada jalan lain untuk menjadi penulis selain menulis.” Apabila tulisan ditolak, jangan menyerah. Teruslah berlatih karena menulis itu berjuang!

Pesan Bunda Helvy : “Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan disesali, tulis yang membawa manfaat (karya yang mencerahkan, bergizi, dan menggerakkan).”



Usai menyampaikan materi, Bunda Helvy menantang peserta untuk membuat 1 paragraf tulisan dengan tema “Interaksi Bersama Alquran”. Pada sesi workshop ini peserta yang terdiri dari odojers (anggota ODOJ) dan masyarakat umum juga mendapat kesempatan untuk sharing dan tanya jawab seputar kepenulisan kepada Bunda Helvy. Bunda Helvy juga memberikan saran kritik pada karya para peserta. Pada acara ini peserta termuda berusia 15 tahun dan paling senior usia 64 tahun. Pak Yusuf (64) mengatakan, “Saya sudah tua, sebentar lagi pensiun. Apalagi yang bisa saya lakukan untuk bekal dan kenang-kenangan kepergian saya kelak kalau bukan dengan menulis.”

Setelah acara workshop yang disponsori oleh Majalah Ummi ini selesai, Bunda Helvy melakukan sosialisasi film “Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP)”. KMGP merupakan cerpen yang ditulis pada saat Bunda Helvy berusia 22 tahun, yakni waktu tugas kuliah Penulisan Populer di Fakultas Sastra Universitas Indonesia tahun 1992. KMGP terbit sebagai buku pada tahun 1997 dan telah 28 kali cetak ulang. Lewat cerpen KMGP inilah Bunda Helvy disebut sebagai pelopor fiksi Islami kontemporer oleh Republika & The Straits Times. Banyak pembaca menjadi terinspirasi setelah membaca KMGP. Oleh karena itu, banyak pihak yang mendukung agar KMGP difilmkan. Film menjadi salah satu sarana syiar dan dakwah yang sangat efektif, juga bagian dari dakwah yang elegan tanpa menggurui. Jika KMGP difilmkan, maka akan memberi kesempatan masyarakat mendapat tuntunan melalui tontonan.

Ketika KMGP difilmkan, diharapkan dapat menjadi tontonan yang menggugah dan membangun jiwa serta karakter para pemuda Islam di tengah krisis keteladanan, kepedulian dan cinta. Film ini juga bisa membawa masyarakat akan hakikat keindahan Islam, menyatukan kembali ummat dan membangkitkan kebersamaan, serta bisa menggeliatkan kembali dakwah secara kreatif melalui film (seni /budaya).

Film KMGP akan dibuat dengan crowdfunding (pendanaan gotong-royong). Film ini akan menunjukkan bahwa masyarakat bisa melakukan perubahan sosial, di antaranya dengan kekuatan crowdfunding, tanpa harus tunduk pada kekuasaan pemilik modal.

Sebagai bentuk dukungan Komunitas ODOJ kepada film KMGP, Ustadz Ricky Adrinaldi (Ketua ODOJ) membacakan deklarasi dukungan yang diikuti semua peserta dan panitia Workshop Menulis.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Komunitas One Day One Juz, Klub Odojers Menulis, dan seluruh peserta Workshop Menulis dengan ini menyatakan dukungannya dengan difilmkannya “Ketika Mas Gagah Pergi”. Semoga film KMGP ini dapat menginspirasi penontonnya untuk tergerak melakukan perubahan positif di tengah lingkungan dan masyarakatnya. Semoga film KMGP juga senantiasa menghembuskan angin segar bagi insan perfilman dan para pecinta film Indonesia. Aamiin.”

Setelah deklarasi, ditunjuklah Akh Nashir sebagai Duta Sahabat Mas Gagah dari ODOJ. Panitia juga mengedarkan kotak infaq sebagai bentuk crowdfunding film KMGP. Alhamdulillah, siang itu terkumpul patungan bikin film KMGP sebesar Rp 821.000,- yang langsung diserahkan kepada Bunda Helvy.

Sebelum berpisah dengan Bunda Helvy, semua panitia dan peserta berfoto bersama dan meneriakkan yel-yel dukungan film KMGP, “Ini film kita! Kita yang modalin! Kita yang buat! Dunia yang nonton! Allahu Akbar!!!”

***

Setelah istirahat, sholat, dan makan siang, acara dilanjutkan dengan Talkshow Bedah Buku “One Day One Juz ” dan Sharing dengan Penerbit Pustaka Akhlak. Acara siang ini dimoderatori oleh Isti Anindya (salah satu anggota Divisi Penulis dari Jogjakarta yang tulisannya juga dimuat di buku ODOJ). Pembicara pada sesi kedua ini adalah Mbak Iecha dan Mbak Dala selaku pengurus FLP Jakarta serta Bapak Haikal selaku wakil dari Penerbit Pustaka Akhlak. Pada kesempatan ini, Mbak Iecha dan Mbak Dala menyampaikan masukan dan komentar terkait tulisan-tulisan odojers yang ada di buku ODOJ tersebut.

Menurut Mbak Iecha dan Mbak Dala, tulisan dalam buku ODOJ sudah cukup bagus, hanya saja beberapa tulisan ada yang terkesan ‘show it’ (hanya sekedar menunjukkan ‘Saya sudah gabung ODOJ dan efeknya seperti ini’), bukan ‘tell it’ (menceritakan kedekatan pada Allah atau perubahan diri setelah kian intensif berinteraksi dengan Alquran). Sedangkan Pak Haikal menyampaikan tips dan trik agar tulisan bisa dicintai penerbit, di antaranya sebagai penulis harus bisa membangun branding atau citra diri yang baik. Banyak tulisan yang sebenarnya bagus, tapi tidak layak terbit karena salah sasaran atau tidak sesuai dengan kebutuhan penerbit. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan naskah ke penerbit, sebaiknya penulis mengetahui terlebih dahulu kriteria tulisan yang dicari penerbit.

Setelah talkshow, peserta dibagi menjadi 7 grup dan masing-masing grup dimentori oleh penulis-penulis dari FLP Jakarta. Para mentor dari FLP Jakarta memberikan masukan terhadap tulisan-tulisan peserta yang sudah dibawa dari rumah. Pada sesi ini, peserta diberi kesempatan seluas-luasnya untuk sharing tentang kepenulisan.

Pukul 15:30 acara ditutup setelah sebelumnya diumumkan lomba menulis yang diselenggarakan sebagai bentuk rangkaian kegiatan “ODOJ Untuk Negeri (OUN)”, di antaranya lomba menulis puisi, kisah inspiratif, dan esai.

***
Dengan diadakannya workshop menulis ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis odojers dan masyarakat umum. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk membangun silaturahim dengan komunitas lain, dalam hal ini FLP Jakarta. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana yang menunjukkan bahwa ODOJ sebagai sebuah komunitas pecinta Alquran turut mendukung perkembangan karya Islami termasuk film, salah satunya dengan mendukung lahirnya film “Ketika Mas Gagah Pergi”.

(Etika_ODOJ330_Kadiv. Penulis ODOJ)




from One Day One Juz's Facebook Wall