* Inspirasi Sabtu Malam * Al Imam Ath Thabrani meriwayatkan sebuah hadist dari...

* Inspirasi Sabtu Malam *

Al Imam Ath Thabrani meriwayatkan sebuah hadist dari Ummu Salamah . Sebuah dialog antara Ummu Salamah Radhiyallahu 'anha dengan Rasulullulloh SAW

" Sesungguhnya orang - orang bertaqwa berada di tempat yg aman. Di dalam taman - taman dan mata air - mata air. Mereka memakai sutera halus dan sutera tebal (duduk) berhadap -hadapan. Demkianlah...dan kami jodohkan mereka kepada bidadari bermata jeli" (QS Ad-Dukhan 51-54)

Bahwa aku (Radhiyallahu 'anha) berkata "Ya Rasululloh, jelaskan padaku firman Allah tentang bidadari - bidadari yg bermata jeli..."

Beliau (Rasululloh SAW) menjawab "Bidadari yang kulitnya bersih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau bak sayap
burung Nasar"

Aku berkata lagi "jelaskan padaku ya Rasululloh, tentang firmanNya: "Laksana mutiara yg tersimpan baik..."(QS. Al-Waqi'ah 23)

Beliau menjawab "Kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tak pernah tersentuh tangan manusia..."

Aku "Ya Rasululloh jelaskanlah padaku tentang firman Allah: "Di dalam surga itu ada bidadari yg baik - baik lagi cantik - cantik..." (QS Ar-Rahman 70)

Beliau menjawab "Akhlaqnya dan wajahnya cantik jelita"

Aku bertanya lagi "Jelaskan padaku firman Allah : "Seakan - akan mereka adl telur (burung unta) yg tersimpan baik..." (QS As-Shaffat 49)

Beliau menjawab "Kelembutannya seperti kelembutan kulit yg ada bagian dalam telur dan terlindung dari bagian luarnya, atau yg bisa di sebut putih telur"

Aku bertanya lagi, "Ya Rasululloh jelaskan padaku firman Allah : "Penuh cinta lagi sebaya umurnya .." (QS Al-Waqi'ah 37)

Beliau menjawab "Mereka adalah wanita - wanita yang meninggal di dunia dalam usia lanjut dalam keadaan rabun dan beruban itulah yg dijadikan Allah tatkala mereka sudah tahu, lalu Allah menjadikan mereka sebagai wanita - wanita gadis, penuh cinta, bergairah, mengasihi, dan umur sebayanya."

Aku bertanya "Ya Rasululloh, manakah yg lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari bermata jeli?"

Beliau menjawab "Wanita - wanita dunia lebih utama daripada bidadari - bidadari seperti kelebihan apa yang nampak dari apa yang tidak terlihat."

Aku bertanya "Mengapa wanita - wanita dunia lebih utama daripada bidadari?"

Beliau menjawab "Karena Shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakainnya berwarna hijau, perhiasannya kekuningan, sanggulnya mutiara, dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, "Kami hidup abadi dan tidak mati. Kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali. Kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali. Kami ridha dan tidak pernah bersungut - sungut sama sekali. Berbahagialah orang yg memiliki kami dan kami memilikinya."

....Wahai Ummu Salamah, akhlaq yg baik itu akan pergi membawa dua kebaikan, dunia dan akhirat (HR Ath Thabrani)

Mengutip dari Buku " Agar Bidadari Cemburu Padamu - Salim A Fillah"

By Eka Indriani 󾌵

from One Day One Juz's Facebook Wall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar