OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Penggugah Jiwa Rabu, 12 Nopember 2014 Memaafkan Oleh...

OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Penggugah Jiwa

Rabu, 12 Nopember 2014



Memaafkan

Oleh : Rizka Leila Marlianti



♥Sahabat Seperjuanganku♥



“Orang yang paling sabar diantara kamu ialah orang yang memaafkan. kesalahan orang lain selalu dimaafkan padahal dia berkuasa untuk membalasnya.”

(Riwayat Ibnu Abiduyya dan Baihaqi)



Nabi bersabda, “Tidaklah seorang itu suka memaafkan, melainkan dia akan semakin mulia.” [HR. Muslim]



Allah berfirman, ”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya di waktu senang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan marah dan memaafkan kesalahan orang. Allah suka kepada orang yang berbuat kebajikan.” (Ali Imran : 133-134)



Nabi juga pernah bersabda: “Dilaporkan kepada Allah semua perbuatan manusia pada setiap hari khamis dan Isnin, lalu Allah ‘Azza Wa Jalla mengampuninya pada hari itu juga, diampunkan setiap orang yang tidak syirik (menyenkutukan) sesuatu dengan-Nya, kecuali siapa yang sedang bermusuhan, yaitu Allah berfirman untuknya: Tinggalkanlah (jangan dihapus dosa) kedua dua (orang yang bersengketa) ini, sehingga mereka berdua berdamai , tinggalkanlah (jangan dihapus dosa) kedua dua (orang yang bersengketa) ini, sehingga mereka berdua berdamai.” (HR Muslim)



♥Sahabat seperjuangaku♥

Dalam Qur'an Allah juga menegaskan

“Dan jika kalian memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang”. (At Taghobun: 14)“Dan hendaklah mereka memaafkan serta melupakan kesalahan orang-orang itu, tidakkah kamu suka supaya Allah mengampunkan dosa kamu ? Dan ingatlah Allah Maha Pengampun lagi Maha Mengasihani”. (An-Nur: 22)



♥Sahabat Seperjuanganku♥



Sangat jelas sekali dari Firman Allah.dan hadist diatas mengatakan bahwa memaafkan adalah perbuatan yang sangat Mulia.

Tetapi masih banyak dari kita yang mungkin belum menyadari..sehingga ketika kita di lukai,rasa sakit dan kecewa membuat kita lebih memilih untuk mendendam.Ketika yang membuat kita kecewa dan terluka meminta maaf,kita tidak bisa memaafkan karena merasa sudah di sakiti....

Padahal ada kemuliaan yang Allah janjikan di dalam memaafkan.



Semoga Allah selalu mengkaruniakankepada kita sifat pemaaf...aamiin yaa Robbal'alamin



Biro Tausiyah Rutin ODOJ

TR/05/11/2014

tausiyahrutin14@gmail.com



from One Day One Juz's Facebook Wall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar