OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Penggugah Jiwa 19 Mei 2014 Berlapang Dada oleh: Rochm...

OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Penggugah Jiwa

19 Mei 2014



Berlapang Dada

oleh: Rochma Yulika



Kesuksesan akan diraih oleh orang-orang yang mau berlapang dada dalam menghadapi setiap tantangan ataupun keadaan.



Jika kita ingin berhasil dalam menyampaikan misi-misi kebaikan maka sikap berlapang dada harus di kedepankan. Seperti halnya Nabi musa. Musa berkata, "Ya Tuhanku lapangkanlah untukku dadaku". Thaha 25.



Mari kita sejenak mengingat sejarah Rasulullah saat menghadapi kaum kafir Qurays. Walau sesungguhnya Rasulullah sudah berlapang dada, meski begitu Rasulullah masih merasakan kesempitan dada. Allah menegaskan,"Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan." Al Hijr:97.



Berdasarkan ayat di atas ada tiga hal yang harus kita lakukan untuk berlapang dada:

1. Memperbanyak dzikrullah, karena dzikrullah adalah amalan utama untuk menuju surga dan dengan dzikrullah hati menjadi tenang.

2. Memperbanyak sujud. Dalam sebuah riwayat, Rabi'ah bin Ka'ab Al Islami berkata,"Aku menginap di rumah Rasulullah untuk melayani wudhu dan semua kebutuhannya,"Lalu beliau bersabda,"Mintalah sesuatu kepadaku!"Aku berkata,"Aku memohon agar bisa bersamamu di surga." Beliau bersabda,"Apakah tidak ada yang lain?" Aku menjawab,"itu saja." Lalu beliau bersabda,"untuk itu, bantulah aku dengan memperbanyak sujud."

3. Menjadikan semua aktivitas hidup dalam kerangka aktivitas kita kepada Allah.



Sahabat Surgaku...

Sediakan selalu ruang di hati untuk hal yang jauh dari harapan. Tak semua yang hadir sesuai dengan yang kita pikirkan. Mari kita belajar mengelola hati untuk lebih bisa mengerti dan memahami penuh lapang dada.



Sahabat Surgaku...

Bila hal tak nyaman hadir, jadikan ia ibarat sampah, biarlah diolah dalam ruang di hati sebagai sesuatu yg berarti. Tumpukan sampah itu bisa kita jadikan pupuk sebagai energi dlm hidup kita. Semoga kita bisa mengambil ibroh dari setiap kejadian yg kita hadapi. Tetap semangat dan selalu bersabar serta senantiasa bersyukur. InsyaAllah



Rochma Yulika-Kabiro Tausiyah Rutin ODOJ

Tradera/TR/04/19/05/2014

Cp. 08121599029



from One Day One Juz's Facebook Wall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar